5 Ide Bisnis Home Industry ini Bisa Jadi Peluang Bagus Untuk Pemula, Lho!

Dear sister, pertumbuhan ekonomi kreatif kini jadi primadona di kalangan anak muda. Banyak ide bisnis yang bisa kita ciptakan dan kelola dengan baik bahkan bagi kita yang masih terbilang pemula. Beberapa di antaranya adalah bisnis dengan konsep home industry dimana kita bisa mengelola bisnis kita dari rumah, mulai dari produksi hingga pengaturan pendistribusian.

Meski konspenya home industry dan masih pemula, kita juga perlu keseriusan dan disiplin dalam menjalani bisnis. Sebelum memulai bisnis, kita harus mencari ide bisnis, riset pasar, melakukan perencanaan, menyiapkan modal baik berupa uang maupun peralatan dan operasional, memikirkan tenaga kerja, sampai akhirnya kita yakin dan siap untuk memulai bisnis home industry. Nah, bagi kita yang bingung ingin melakukan bisnis apa, TBM akan memberikan ide-ide bisnis home industry yang bisa kita coba. Kelima ide bisnis di bawah ini merupakan bisnis produksi barang dan jasa yang sedang digandrungi oleh kita para cewek-cewek muda. Apa aja, ya?

  • Diet catering

Memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal tentu menjadi impian bagi sebagian besar perempuan. Tapi, karena kesibukan pulalah yang biasanya membuat para cewek nggak sempat masak makanan yang sehat sehingga membeli fast food, instan dan jajan sembarangan. Padahal nggak sehat banget. Untuk itu, diet catering mulai dilirik oleh cewek-cewek yang ingin makan sehat tapi nggak ribet harus belanja dan masak. Tinggal antar ke rumah atau ke kantor, diet catering jadi andalan untuk menerapkan pola hidup sehat. Saat ini, diet catering yang paling populer adalah diet mayo yang menu makanannya diatur sedemikian rupa berdasarkan nilai gizi dan nutrisi serta dalam jangka waktu tertentu. Kita yang jago masak dan memahami asupan gizi yang baik bisa mencoba ide bisnis diet catering. Kalau mau lebih yakin, kita bisa bekerja sama dengan teman lulusan ahli gizi yang mampu memperhitungkan jumlah asupan gizi tiap menunya. Selain soal produk, kita juga harus memperhatikan kebersihan dapur produksi, izin usaha terutama ke dinas kesehatan, kemasan yang aman, dan delivery service.

  • Homemade treatment

Sekarang ini banyak produk perawatan yang mengutamakan bahan-bahan alami agar bisa mencuri perhatian konsumen. Ternyata, bisnis homemade treatment nggak sesulit yang dibayangkan, lho. Kita bisa berjualan produk yang dapat kita bikin sendiri, seperti lip balm, masker perawatan wajah, body mist, sabun, face and body scrub, aromaterapi sampai lotion, nih sister! Tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan alami tertentu dan belajar membuatnya. Bisa kita pelajari dari  berbagai artikel atau video yang kemudian kita uji coba dulu. Kalau sudah yakin produk kita aman digunakan, kita bisa coba promosi dengan membagikan produk tester ke teman-teman kita dulu, nih. Dari situ kita bisa meminta saran akan produk yang kita buat. Bisa juga meminta teman-teman kita untuk mereview produk kita di sosial medianya untuk promosi. Pastikan juga kemasan, masa kadaluarsa produk, dan cara pakai jelas serta bisa dipahami oleh konsumen.

  • Party planner

Ide bisnis satu ini lagi happening banget lho, sister! Pasalnya, banyak orang yang membutuhkan jasa perencana dan pelaksana party mulai dari yang sederhana seperti anniversary dinner sampai acara pertunangan. Party planner biasanya menyiapkan dekorasi acara hingga rencana kejutan. Seru banget, ya! Bahkan ada party planner yang menyediakan jasa pemeriah acara seperti grup musik dan fotografer pribadi. Kita bisa memulai bisnis ini dengan bermodalkan pengetahuan akan trend dekorasi dan tempat-tempat yang bisa menjadi rekomendasi acara. Modalnya bisa dibilang nggak sedikit, tapi dengan bisnis party planner kita bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Semakin beragam pilihan konsep party yang kita tawarkan, semakin besar pula peluang untuk dilirik konsumen. Karena sekarang banyak konsumen yang memilih menggunakan jasa party planner yang kreatif dan konsepnya nggak itu-itu saja. Sebagai party planner yang harus diperhatikan adalah ketepatan waktu, kualitas dekorasi, dan kemeriahan suasana seperti konsep yang diinginkan klien. Perencanaan party dan pembuatan dekorasinya bisa kita lakukan di rumah bersama tim, sedangkan penataan dan pelaksanaannya bisa di tempat yang telah disepakati oleh klien.

  • Accessory making

Banyak ide bisnis yang bermula dari hobi. Bagi kita yang senang dengan aksesori, kita bisa mencoba untuk membuat sendiri dan menjualnya. Jangan khawatir bagi kita para pemula, karena kita dapat belajar membuat aksesori dengan bermodalkan tutorial do it yourself (DIY) pembuatan aksesori sederhana seperti kalung, gelang, aksesori hijab, anting, cincin, dan sebagainya. Agar bisnis kita dilirik oleh konsumen, kita bisa mencari kekhasan yang ingin kita tunjukkan sebagai branding produk kita. Misalnya kita membuat aksesori dengan bahan utama beads atau tali atau kayu atau bahkan kulit sintetis. Or maybe kita bisa menampilkan ciri khas berdasarkan konsep, seperti aksesori yang minimalis ataukah glamour dan sebagainya. Dengan adanya ciri khas, kita semakin terlihat unik yang menjadi daya tarik konsumen aksesori. Dalam bisnis ini diutamakan kreatif dan sadar akan trend aksesori kekinian.

  • Clothing reseller

Bagi pebisnis pemula, mungkin keempat ide bisnis di atas masih perlu modal ekstra, yaitu skill. Kalau mau berbisnis dengan skill sederhana, kita bisa mencoba berjualan produk yang saat ini sedang menjadi sorotan. Tanpa perlu membuat apapun dan menyiapkan bahan-bahan tertentu, kita bisa memperoleh income dengan menjadi clothing reseller. Berhubung clothing banyak macamnya, kamu bisa mulai dengan produk yang kamu sukai atau sering kamu pakai. Misalnya berjualan hijab atau pakaian sedang happening di kalangan cewek-cewek. Menjadi reseller bisa dalam artian menjual kembali apabila kita mempunyai moda yang cukup atau menjadi dropshipper jika modal kita masih sedikit. Kita juga bisa membuka toko sendiri atau online shop. Kalau bisnis kita sudah besar dan memiliki pelanggan setia, kita bisa mencoba ‘naik level’ untuk membuat clothing line sendiri sambil belajar dari produsen dalam mengelola bisnis yang lebih besar.

Keutamaan dalam berbisnis adalah kesabaran dan keseriusan. Semua ide bisnis di atas bisa kita lakukan asalkan kita bisa merencanakan, mengelola dan mengevaluasi dengan baik. Jangan takut gagal sebelum mencoba. Kalau niatnya untuk mencari berkah, Insha Allah akan dimudahkan. Semangat, sister!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s