Mengakali Waterproof Makeup Agar Wudhu Tetap Sah

Dear sister, rasanya makeup udah menjadi kebutuhan kaum cewek untuk digunakan sehari-hari, ya. Pergi ke kantor atau ke kampus tanpa makeup itu kayak ada yang kurang. Setidaknya kita menaburkan bedak tipis ke wajah atau memakai lip balm. Bahkan jaman sekarang banyak cewek yang nggak pede keluar rumah tanpa menggambar alis! Hihi.

Makeup yang paling digandrungi saat ini adalah makeup yang waterproof atau tahan air. Waterproof makeup disukai karena lebih tahan lama dan nggak cepat pudar karena keringat atau air. Untuk kita yang memiliki kulit wajah berminyak, menggunakan waterproof makeup bisa menutup pori-pori agar wajah nggak cepat oily terutama apabila kita beraktivitas di luar ruangan dan langsung terpapar sinar matahari. Beragam produk waterproof makeup bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran, seperti mascara, eyeliner, foundation, eyeshadow, eyebrow gel, primer, concealer, dan masih banyak lagi. Tentu udah nggak asing lagi kan sama produk tadi?

Lalu, gimana nih agar kita tetap bisa menggunakan makeup tapi nggak mengganggu keabsahan wudhu? Apakah waterproof makeup menghalangi air menyentuh kulit yang menjadikan wudhu kita nggak sah? Dari pada bingung, yuk ikuti tips mengakali waterproof makeup agar wudhu kita tetap sah berikut:

  • Waterproof makeup bukan untuk harian

Kalau namanya waterproof makeup tentu artinya makeup yang nggak mudah terhapus oleh air dan otomatis nggak akan langsung terkena kulit kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita nggak menggunakan waterproof makeup seharian karena akan menghalangi air menyentuh kulit kita. Wudhu pun menjadi nggak sah kalau begitu. Kita bisa gunakan waterproof makeup ketika lagi masa haid atau di waktu yang nggak bertepatan dengan waktu shalat fardhu.

  • Bye-bye, primer!

Fungsi primer adalah untuk membuat makeup dan eyeshadow bertahan lebih lama. Primer juga menghalangi air menyentuh kulit karena bersifat lengket dan anti-minyak. Oleh sebab itu, sebaiknya kita nggak menggunakan primer. Kalau tetap ingin mengaplikasikan eyeshadow, kita bias aplikasikan tanpa primer dan pilihlah eyeshadow yang berbentuk eye pencil kemudian lakukan dengan teknik smudge. Dengan begitu, kita bisa tetap mendapatkan warna yang bagus tapi tentunya lebih mudah dibersihkan.

  • Pilih makeup berbentuk powder bukan liquid atau cream

Aplikasikan foundation dan bedak dengan tekstur powder bukan liquid atau cream. Makeup bertekstur liquid atau cream cenderung termasuk ke dalam waterproof makeup yang menghalangi air wudhu membasuh kulit. Ini berlaku juga untuk blush on dan concealer ya, sister!

  • No hard lines

Ketika mendengar istilah waterproof makeup kebanyakan cewek pasti mengidentikkan dengan mascara, eyebrow dan eyeliner karena ketiga produk makeup tersebut digunakan paling dekat dengan bagian tubuh yang mudah berair yaitu mata. Sehingga banyak makeup brands yang mengklaim bahwa produknya waterproof. Agar wudhu tetap sah, sebaiknya kita memakai black eyeshadow sebagai pengganti eyeliner yang diaplikasikan tipis dengan angled brush. Berlaku juga untuk pengaplikasian alis yang sebaiknya nggak menggunakan gel. Tapi kalau kita tetap ingin alis yang well-defined dan strong, nggak ada pilihan lain selain menghapusnya ketika berwudhu dan reapply setelah shalat. Untuk mascara dan eyeliner, kita juga bisa mengaplikasikan kohl yang udah terbukti aman dan menjaga wudhu kita tetap sah, lho.

  • Pakai lipstick yang halal

Mencari lipstick  yang halal dan aman itu tricky, ya sister. Beberapa lipstick di pasaran masih ada yang memiliki kandungan ‘haram’ seperti alkohol, asam lemak, atau gelatin. Apalagi lipstick sangat mudah ikut termakan oleh kita. Jadi kita harus pintar-pintar memilih lipstick mana yang halal dan aman serta nggak waterproof. Kalau nggak mau repot membersihkan lipstick sebelum sholat, kita bisa coba pakai lip stain dengan kandungan yang alami dan terlihat lebih natural.

  • Selalu sedia makeup remover

Kalau kita mau nggak mau harus menggunakan waterproof makeup setiap hari, pastikan di makeup case kita selalu tersedia makeup removing wipes atau makeup remover dalam botol kecil serta kapas pembersih. Bawa juga makeup yang biasa kita pakai agar bisa touch up setelah shalat. Jadi memang harus siap membersihkan waterproof makeup secara rutin biar wudhu dan sholat kita sah, sister!

make-up-remover

Mulai sekarang, yuk kita pakai makeup yang aman dan tentunya nggak mengganggu aktivitas ibadah kita. Nggak apa-apa deh lebih ribet sedikit harus menghapus makeup kemudian touch up lagi, demi wudhu dan shalat yang sah. Allah knows best.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s