Perempuan Traveling Sendirian? Siapa Takut!

Dear sister, sekarang ini udah nggak bisa dipungkiri lagi bahwa traveling semakin mudah dan murah. Hampir semua reservasi mulai dari pesawat, penginapan, sampai paket tur pun bisa kita reservasi via online. Kita pun dapat menyesuaikan rencana traveling kita dengan budget sehingga kita bisa traveling dengan murah. Kalau udah enak begini, nggak ada alasan lagi kan untuk nggak traveling?

Ups, sebagai perempuan ternyata ada hal yang bisa bikin kita mikir-mikir lagi nih untuk traveling, yaitu dengan siapa kita akan berpergian? Apalagi kalau rencana traveling kita di waktu yang nggak sesuai dengan waktu luang teman atau keluarga. Kalau traveling sendirian, mungkin nggak ya?

Jangan takut dan khawatir, sister! Kita bisa kok traveling sendirian dengan aman dan nyaman. Sini deh, TBM bisikin tip berikut ini:

  • Riset dulu tentang destinasinya

Sebelum memulai traveling, kita harus betul-betul mengetahui destinasi yang akan kita tuju. Apalagi kalau destinasi wisata ke luar negeri yang belum pernah kita kunjungi. Kita bisa browsing di internet dan bertanya pengalaman teman yang pernah ke sana. Bikin catatan saat riset mengenai hal-hal penting, seperti apakah memerlukan visa, ketersediaan makanan halal di sana, seperti apa gambaran orang-orangnya, musim apa saat kita akan datang ke sana, dan sebagainya.

  • Bikin perencanaan yang detil dan matang

Perencanaan yang detil dan matang akan membuat kita lebih percaya diri dan nggak takut  untuk traveling sendirian. Perencanaan bisa dimulai dari bagaimana transportasi dari dan pulang ke rumah serta selama di sana, akan menginap di mana, berapa lama kita akan traveling, berapa banyak uang yang akan kita bawa dan dalam bentuk apa saja, tempat-tempat mana saja yang akan kita kunjungi, apa saja yang akan kita bawa, hingga total budget traveling dari awal sampai akhir. Jangan lupa juga bikin plan B, ya!

  • Pilih penginapan yang women-friendly

Mungkin perihal akan tidur di mana menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan traveler perempuan. Padahal saat ini udah banyak penginapan yang women-friendly, lho. Maksudnya penginapan women-friendly adalah penginapan yang aman bagi perempuan, seperti terletak di lingkungan yang ramai tetapi tidak berisik, memisahkan area aktivitas untuk laki-laki dan perempuan, dan mengutamakan privasi bagi tamu perempuan sehingga nggak bisa sembarangan membawa tamu laki-laki. Fasilitas di atas bisa kita dapatkan kalau kita menginap di hotel atau guest house. Tapi untuk kita yang memilih hostel, pastikan kita memilih hostel dengan kamar ‘women dorm’ agar nggak bercampur dengan tamu laki-laki.

  • Siapkan alat-alat self-defense

Walaupun kita udah yakin aman, kita tetap perlu waspada, lho. Kita bisa menyiapkan alat-alat yang membantu kita ketika dalam bahaya seperti pepper spray yang bisa kita buat sendiri atau pisau lipat kecil. Bahkan sekarang ada pisau lipat yang bentuknya mirip tube lipstick untuk mengelabui lawan! Hihi. Kalau kamu akan memasuki bandara, sebaiknya pisau lipat dimasukkan ke dalam make-up case kamu di ransel atau koper karena biasanya benda tersebut akan disita bila dimasukkan ke dalam tas kecil atau dalam kantong pakaian.

  • Jangan terlalu banyak barang berharga

Membawa banyak barang berharga artinya kita harus selalu waspada 24/7, tuh! Daripada nggak enjoy selama traveling karena was-was, lebih baik kita membawa barang-barang yang perlu saja. Misalnya nggak perlu bawa laptop yang nggak akan kita gunakan, selain berat dibawa kemana-mana juga akan mudah diambil orang. Nggak perlu juga memakai perhiasan yang mencolok dan mahal agar kita nggak menjadi pusat perhatian dan sasaran orang yang berniat jahat.

  • Simpan nomor telepon penting

Jadikan nomor-nomor telepon penting di suatu tempat menjadi emergency call number di ponsel kita, misalnya nomor telpon polisi setempat, salah satu rumah sakit di kota tersebut, hingga nomor telepon KBRI bila perlu. Kita bisa mencatat di ponsel dan di notes kecil sebagai back-up. Semua telepon tersebut tentu bisa kita dapatkan melalui hasil browsing di internet, seperti di poin pertama.

  • Kabari orang terdekat tentang detil perjalanan

Sebelum berangkat, kita harus menceritakan rencana traveling kita ke orang tua dan orang terdekat yang kita percaya. Saat traveling pun sebaiknya kita mengabari dan memberikan detil perjalanan agar orang tua nggak khawatir. Karena naudzubillah kalau terjadi apa-apa, orang tua bisa langsung mencarikan bantuan meskipun dari jauh.

  • Jangan mudah berkenalan dengan orang asing

Traveling sendirian bukan berarti kita akan forever alone selama traveling. Kita boleh berkenalan dengan orang setempat atau traveler lainnya untuk bertukar informasi. Tapi, tetap harus wasapada dan berhati-hati. Jangan mudah memberikan data pribadi dan meminjamkan uang atau barang-barang berharga. Sebaiknya kita juga nggak nongkrong sampai larut malam dengan orang asing. Pulang ke penginapan sebelum jam 9 malam akan lebih baik dan bisa beristirahat lebih awal agar besok paginya bisa jalan-jalan lagi.

  • Travel light and keep it simple!

Salah satu kunci utama agar bisa traveling tanpa takut adalah dengan travel light and keep it simple! Kalau perjalanan selama seminggu kita bisa gunakan tas ransel dan travel a la backpacker. Kalau lebih dari itu, kita bisa gunakan koper kecil yang mudah dibawa. Pastikan barang bawaan sesuai dengan destinasi agar kita bawa yang perlu-perlu aja. Kenakan pakaian dan hijab yang simple dan menyerap keringat. Sediakan juga berbagai toiletries dan skincare dengan ukuran travel size.

toiletries-550x415

  • Selalu berdoa dan meminta perlindungan pada Allah SWT

Tentu yang satu ini nggak boleh kita lewatkan. Selalu sempatkan diri untuk sholat lima waktu meskipun ketika traveling, ya sister. Kalaupun kita sulit menemukan tempat untuk sholat kita bisa lakukan sholat jama’ atau qashar sesuai waktu setempat. Selalu berdoa ketika akan berpergian dan naik kendaraan serta mintalah selalu perlindungan selama di perjalanan. Insha Allah traveling kita menjadi mudah dan berkah.

Masih takut traveling sendirian? Intinya, kalau kita masih diberkahi Allah SWT kelengkapan jasmani, kesehatan, usia dan rezeki yang cukup kenapa kita harus menunda untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang akan membuat kita mengucapkan ‘Masya Allah!’,kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s